Selamat Berkunjung di Blog ku Zona Otomotif,informasi seputar dunia otomotif,semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda,.

Selamat Berkunjung di Zona Otomotif ..

Kamis, 16 Februari 2012

Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar

PENYEBAB MOBIL BOROS BAHAN BAKAR
          Bila mobil anda terasa boros bahan bakar dapat dipastikan terjadi perubahan pada komponen mesin
Mobil yang pemakaian bahan bakarnya menjadi lebih banyak dari biasanya menjadi persoalan yang serius bagi pemiliknya. Apalagi ditambah harga bahan bakar sekarang ini mengalami kenaikan. Boros bahan bakar berarti kantong tekor. Bila mobil anda terasa boros bahan bakar dapat dipastikan terjadi perubahan pada komponen mesin seperti berikut ini :
1. Saringan udara
Saringan udara adalah komponen yang mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar. Saringan udara yang rusak akan menghambat masuknya udara dan berubah fungsi sebagai chuck. Sedangkan chuck hanya dipakai bila pagi hendak menghidupkan kendaraan dengan memperbesar volume bahan bakar.
2. Kabel busi dan distributor (delko)
Kedua bagian tersebut saling berhubungan. Platina yang berada di dalam distributor akan memberi arus kepada koil. Dari koil arus tegangan tinggi dikirim kembali ke distributor, seterusnya dibagi ke
setiap busi/silinder. Karena arus tegangan tinggi, kerusakan pada kabel busi atau tutup distributor dapat mengacau api untuk busi.
3. Klep
Bila klep terlalu rapat dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar karena pembakaran menjadi tidak sempurna.
4. Rem macet
Karat pada silinder roda dapat membuat mesin boros, karena tenaga mesin yang dihasilkan sebagian dihambat oleh sistem rem.
5. Free-play kopling
Tidak adanya free play akan menyebabkan sistem kopling tidak memindahkan tenaga mesin secara sempurna (kopling selip). Penyetelan kopling yang salah akan besar pengaruhnya pada pemakaian bahan bakar.
6. Karburator
Karburator yang sudah sudah tua biasanya tidak ekonomis lagi karena terjadi korosi dan penyumbatan pada saluran udara. Penyampuran bahan bakar dengan udara sangat penting dalam kaitan efisiensi.

4 komentar: