Selamat Berkunjung di Blog ku Zona Otomotif,informasi seputar dunia otomotif,semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda,.

Selamat Berkunjung di Zona Otomotif ..

Minggu, 20 November 2011

Cara kerja helikopter


helikopter dapat naik keatas karena adanya gaya angkat yang dihasilkan oleh baling-baling helikopter. prinsip baling-baling ini sama dengan prinsip kerja sayap pesawat pada umumnya.
ketika dilihat dari samping, bentuk bilah baling-baling helikopter, akan tampak seperti gambar diatas. ketika bilah berputar maka udara didepan bilah akan menumbuk dibagian bawah bilah. karna hal ini,bilah akan mendapatkan gaya dorong keatas. besar gaya angkat (gaya dorong keatas) ditentukan oleh kecepatan putar baling-baling,luas penampang bilah,dan sudut serangan(angle of attact).
agar helikopter bisa terbang kedepan, bidang putaran baling-baling bisa diubah miring kedepan ,sehingga gaya angkat tadi tidak vertikal tapi condong kearah depan.


( di bagian kokpit ada kontroler untuk mengatur kemiringan bidang putaran baling-baling)

ketika baling - baling berputar, berlaku hukum kekekalan momentum sudut yang menyebabkan  badan pesawat akan berputar berlawanan arah dengan arah putar baling-baling. untuk mencegah berputarnya badan pesawat diperlukan gaya pembalik,yaitu dibuatnya baling-baling pada ekor pesawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar